Home » , » Macam-macam Bilangan Real

Macam-macam Bilangan Real

Assallamualaikum, sahabat rif. Bilangan real yang kita ketahui secara umum yaitu bilangan genap, ganjil, prima dan lain sebagainya. Postingan ini akan menjelaskan lebih lengkap mengenai Macam-macam Bilangan Real.


Dalam matematika, bilangan riil atau bilangan real menyatakan bilangan yang bisa dituliskan dalam bentuk desimal, seperti 2,4871773339… atau 3.25678. Bilangan real meliputi bilangan rasional, seperti 42 dan −23/129, dan bilangan irasional, seperti π dan . Bilangan rasional direpresentasikan dalam bentuk desimal berakhir, sedangkan bilangan irasional memiliki representasi desimal tidak berakhir namun berulang. Bilangan riil juga dapat direpresentasikan sebagai salah satu titik dalam garis bilangan.

Bilangan Rasional
Himpunan bilangan rasional adalah himpunan bilangan yang dapat dinyatakan dalam bentuk p/q, dengan p, q ∈ B dan q ≠ 0. Bilangan p disebut pembilang dan q disebut penyebut. Himpunan bilangan rasional dilambangkan dengan huruf Q. Himpunan dari bilangan rasional dinyatakan sebagai berikut:


Bilangan Irrasional
Himpunan bilangan irasional adalah bilangan yang tidak dapat dinyatakan dalam bentuk p/q dengan p, q ∈ B dan q ≠ 0. Contoh bilangan irasional adalah bilangan desimal yang tidak berulang (tidak berpola), misalnya:  , π, e, log 2. Himpunan bilangan ini dilambangkan dengan huruf I.

Bilangan Asli


Bilangan Cacah


Bilangan Bulat


Bilangan Prima
Bilangan yang habis di bagi dengan 1 dan dirinya sendiri.


Bilangan Komposit
Bilangan yang mempunyai faktor lebih dari dua, bisa dikatakan bilangan yang lebih dari 1 dan tidak termasuk bilangan prima.


Garis Bilangan

Referensi:
Wikipedia dan Buku Elektronik

0 comments:

Post a Comment