Home » , » Orientasi Pengembangan Kurikulum

Orientasi Pengembangan Kurikulum

Assallamualaikum, sahabat rif. Kurikulum merupakan suatu yang penting di dalam dunia pendidikan, dengan adanya kurikulum kegiatan belajar mengajar akan terarah menjadi lebih baik. Telah saya posting mengenai Prinsip Dasar Pengembangan Kurikulum, saat ini saya akan melanjutkan postingan sebelumnya. Postingan ini berjudul Orientasi Pengembangan Kurikulum.


Seller dan Miller (1985) mengemukakan bahwa proses pengembangan kurikulum adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan secara terus-menerus. Seller memandang bahwa pengembangan kurikulum harus dimulai dari menentukan orientasi kurikulum, yakni kebijakan-kebijakan umum, misalnya arah dan tujuan pendidikan, pandangan tentang hakikat belajar dan hakikat anak didik, pandangan tentang keberhasilan implementasi kurikulum, dan lain sebagainya. Berdasarkan orientasi itu selanjutnya dikembangkan kurikulum menjadi pedoman pembelajaran, diimplementasikan dalam proses pembelajaran dan dievaluasi. Hasil evaluasi itulah kemudian dijadikan bahan dalam menentukan orientasi, begitu seterusnya hingga membentuk siklus.

Orientasi pengembangan kurikulum menurut Seller menyangkut 6 aspek, yaitu :
  1. Tujuan pendidikan menyangkut arah kegiatan pendidikan: artinya hendak dibawa ke mana siswa yang kita didik itu.
  2. Pandangan tentang anak: apakah anak dipandang sebagai organisme yang aktif atau pasif.
  3. Pandangan tentang proses pembelajaran: apakah proses pembelajaran itu dianggap sebagai proses transformasi ilmu pengetahuan atau mengubah perilaku anak.
  4. Pandangan tentang lingkungan : apakah lingkungan belajar harus dikelola secara formal atau secara bebas yang dapat memungkinkan anak bebas belajar.
  5. Konsepsi tentang peranan guru : apakah guru harus berperan sebagai instruktur yang bersifat otoriter atau guru dianggap sebagai fasilitator yang siap memberi bimbingan dan bantuan pada anak untuk belajar.
  6. Evaluasi belajar : apakah mengukur keberhasilan ditentukan dengan tes atau non tes.

0 comments:

Post a Comment